Alpen Steel | Renewable Energy

~ Penggunaan Energi Terbarukan Hanya 13,7% Di 2030

Jakarta-TAMBANG. Kepala BPPT, Marzan A Iskandar, mengatakan total penggunaan energi baru terbarukan ditahun 2030 diprediksi hanya sebesar 13,7 % jauh dari target yang diharapkan pemerintah Indonesia yakni sebesar 25 % pada tahun 2025. Hal ini diakibatkan karena hingga saat ini pemerintah belum serius memberikan insentif terhadap pengembangan energi baru terbarukan.

“Jika dilihat dari asumsi ekonomi dan harga minyak maka energi baru terbarukan sulit berkembang, hal ini terkait dengan belum seriusnya pemerintah untuk memberi insentif pada pengembangan energi baru terbarukan,” ujarnya dalam acara Outlook Energi Indonesia 2011 di Crowne Plaza Hotel Jakarta, Rabu 14 Desember 2011.

Selain itu, Wakil Ketua Informasi Teknologi Energi dan Material, Unggul Priyanto mengungkapkan daya saing penggunaan energi baru terbarukan di tahun-tahun kedepan juga masih menjadi masalah, mengingat hingga saat ini pemerintah masih memberikan subsidi pada minyak. Akibatnya ketergantungan pada penggunaan minyak masih tinggi terutama disektor industri dan transportasi.

“Jika masih ada subsidi maka ini akan menjadi masalah buat pengembangan energi baru terbarukan, karena itu pemerintah perlu me-review kembali kebijakan tersebut,” ujarnya 

Dengan demikian, lanjutnya, pemerintah dapat mengatisipasi defisit BBM dan batubara yang juga memiliki dampak kurang baik bagi lingkungan akibat penggunaannya.

“Kalau kita bisa menggunakan energi baru terbarukan tentu juga akan menghindari dampak pencemaran lingkungan, karena Co2 yang dihasilkan dari penggunaan minyak dan batubara itu besarnya empat kali lipat,” pungkasnya.

http://www.majalahtambang.com 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook