Alpen Steel | Renewable Energy

~ Dubes Perancis datang ke Menegristek untuk program Mobil Listrik Nasional

 

 

Kunjungan Dubes Perancis ke Menegristek

Duta Besar Perancis untuk Indonesia Bertrand Lortholary, Kamis 7 Juni 2012, melakukan kunjungan kehormatan ke Menegristek. Dubes membicarakan mengenai kemungkinan memperkuat kerjasama iptek Indonesia dan Perancis.

Pada kunjungan perkenalan ini, Dubes menyatakan gembira melihat catatan kerjasama iptek kedua negara. Lewat Program Nusantara, misalnya, pihak kedubes bersama Kementerian Ristek berupaya meningkatkan mobilitas para ilmuwan dari kedua negara yang terlibat kerjasama, agar dapat saling melakukan kunjungan kerja.

Menyambut Dubes Lortholary, Menegristek Gusti Muhammad Hatta menyatakan kerjasama internasional penting bagi Indonesia untuk mengikuti perkembangan terakhir di dunia. Menurut Menegristek, posisi iptek sangat penting untuk memperkuat program-program utama pemerintah Indonesia di pelbagai sektor publik, di seluruh koridor pembangunan nasional.

Menegristek mencontohkan posisi strategis iptek antara lain pada upaya Kementerian Ristek saat ini untuk menghasilkan rencana utama (“blue print”) produksi mobil listrik nasional. Dalam hal ini, faktor teknologi sangat penting untuk dapat meningkatkan daya kompetisi produksi nasional tanpa mengorbankan tanggungjawab terhadap lingkungan.

Senada dengan Menegristek Dubes Lortholary mengungkapkan pentingnya kerjasama iptek dengan Indonesia untuk mendukung pemerintahan Perancis. Bidang-bidang kerjasama iptek kedua negara antara lain penanganan bencana, riset pertanian, energi, dan lainnya.

Bagi Dubes Lortholary, kerjasama iptek dengan Indonesia memperkuat suplai pengetahuan pada sektor pertanian Perancis. Indonesia dapat menyerap hasil riset menurut kebutuhannya sendiri.

Untuk menambah intensitas kerjasama secara umum, Dubes mengharapkan agar periset Perancis dapat mengajukan izin penelitian di Indonesia tanpa harus melalui proses yang terlalu birokratis. Namun, pembicaraan akhirnya menyimpulkan bahwa faktor pemahaman para peneliti atas peraturan yang adalah adalah hal terpenting untuk meningkatkan kelancaran proses pengajuan perizinan penelitian.

Relasi iptek Indonesia – Perancis akan memasuki tahap baru seiring dengan peluncuran pembaharuan perjanjian kerjasama bilateral, yang diharapkan dilakukan pada Juli 2012. Seiring meningkatnya posisi strategis Indonesia di mata Perancis, diharapkan di masa depan kerjasama iptek Indonesia – Perancis juga akan semakin intens.

Bertrand Lortholary adalah duta besar yang baru bertugas di Indonesia. Dubes Lortholary menyerahkan kredensialnya kepada Presiden RI pada 09 Maret 2012.

Pertemuan Menegristek – Dubes Perancis dihadiri oleh Deputi Menegristek Bidang Jaringan Iptek (ad interim), Amin Soebandrio, dan Asdep Jaringan Iptek Internasional (Jiptek), Nada Marsudi, serta staf Asdep Jiptek. Dubes Bertrand Lortholary didampingi oleh Konselor Kerjasama dan Kebudayaan, DR. Bertrand de Hartingh. (ad5-dep3/ humasristek)

 

sumber:(http://www.ristek.go.id/index.php/module/News+News/id/11285)
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook