Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLTS yang tetap menghasilkan listrik pada malam hari

Solar Gazebo  

Solar Gazebo

 

Pembangkit listrik tenaga surya yang tetap menghasilkan listrik pada malam hari

 

Halotechnics kembangkan pembangkit listrik tenaga surya yang tetap menghasilkan listrik pada malam hari

Pembangkit listrik tenaga surya memiliki dua masalah utama: biayanya mahal dan produksi listrik hanya bisa dilakukan pada siang hari, itu pun masih tergantung pada intensitas matahari yang tersedia. Hal ini yang membuat teknologi pembangkit listrik tenaga surya masih dinilai kurang ekonomis. Mungkin teknologi baru yang ditawarkan oleh Halotechnics bisa menjadi solusi yang menjanjikan. Perusahaan yang berkedudukan di Emeryville, California – AS ini mengembangkan peralatan yang mengelola sinar matahari menjadi energy listrik yang konon lebih efisien dan berbiaya lebih murah.

Jika pada cara konvensional, panel sel surya langsung mengubah sinar matahari menjadi listrik, tidak demikian pada konsep yang ditawarkan oleh perusahaan Halotechnics. Mereka membuat cermin berukuran besar yang berfungsi untuk mengumpulkan panas dengan suhu yang tinggi dari sinar matahari. Panas yang tersimpan inilah yang selanjutnya digunakan untuk menghasilkan uap guna memutar turbin yang menggerakkan generator dan menghasilkan energi listrik.

Menurut Halotechnics, biaya yang digunakan untuk menyimpan panas lebih murah dibanding menyimpan listrik pada baterai seperti yang digunakan pada metode pembangkit listrik dari panel sel surya. Kemampuan penyimpanan panas dalam waktu lama ini dihasilkan dari bahan-bahan yang terdiri dari campuran garam serta bahan kaca baru. Material ini yang menjadi kunci pembangkit listrik dari panas sinar matahari menjadi cukup murah dan handal untuk bersaing dengan mesin pembangkit listrik berbahan bakar konvensional dalam skala besar.

Pembangkit listrik tenaga panas matahari ini juga dilengkapi dengan peralatan penyimpan panas yang memungkinkan untuk menghasilkan uap terus-menerus, bahkan pada malam hari.

technologyreview.com

Sumber: (http://www.bunyu-online.com/2012/04/pembangkit-listrik-tenaga-surya-yang.html)


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook