Alpen Steel | Renewable Energy

~ Samsung tertarik untuk Investasi PLTS

Pembangkit Listrik Tenaga Surya  

Pembangkit Listrik Tenaga Surya

 

Samsung Bidik Investasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya

 

JAKARTA–MICOM: Perusahaan asal Korea Samsumg C&T tertarik untuk berinvestasi pada proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dengan kapasitas minimal 50 MW di Indonesia. Investasi tersebut diestimasikan senilai US$150-US$200 juta.

“Presiden Samsung C&T menyampaikan komitmennya bahwa mereka sangat serius ingin kembangkan solar energy di Indonesia,” kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa usai menerima Presiden dan CEO Samsung C&T Shin Kim di Kantor Menko Perekonomian di Jakarta, Jumat (16/4).

Turut mendampingi Shim Kim adalah Executive Vice President Green Energy Division Samsung C&T Cheong-Hwan, kim dan Senior Executive Vice President Samsung C&T Chang-Soo Kim.

Menurut Hatta, sebagai bentuk keseriusannya, Samsung C&T berharap bisa menandatangani MoU dengan partner lokal mereka di Indonesia yaitu PT Land dan juga PLN dalam mengembangkan teknologi tenaga surya Mei nanti di Bali dalam pertemuan menteri-menteri Korea dan Indonesia.

Lebih jauh, Staf Khusus Menko Perekonomian Amir Sambodo mengatakan bahwa Samsung C&T ingin berinvestasi di listrik tenaga surya dengan kapasitas minimal 50 MW.

Menurutnya, estimasi investasi powerplan kalau 50 MW itu mencapai US$150-US$200 juta. Hal ini dengan asumsi harga 1 kilowatt listrik sekitar US$3 juta.

Untuk itu mereka meminta izin dari pemerintah untuk diberi kesempatan melakukan feasibility study. Sebab program listrik tenaga surya PLN pengembangannya maksimum baru 1 MW kan di 10 lokasi di Indonesia.

“Sedangkan dia (Samsung) mau minimal 50 MW. Karena dia punya pengalaman di Kanada sampai 2 GW. Terus dia juga punya pengalaman di Khazaktan 1,2 GW. Di sana kombinasi wind (angin) sama solar,” katanya.

Untuk mengambangkan power plan skala besar minimal 50 MW itu, kata Amir, Samsung juga ingin membangun kawasan khusus. Mereka sedang meneliti kemungkinan membangun pembangkit di Jawa, Bali, atau di pulau-pulau yang punya kapasitas 50 MW.

“Itu cukup besar kan. Nah mereka lagi minta pada pemerintah supaya ada MoU agar mereka bisa lakukan feasibility study,” katanya. (Tup/OL-9)

Sumber: (http://m.mediaindonesia.com/index.php/read/2011/04/16/218342/21/2/Samsung_Bidik_Investasi_Pembangkit_Listrik_Tenaga_Surya)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Product



Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook