Alpen Steel | Renewable Energy

~ Energi Alternatif Melempem,Harga BBM Masih Murah

~ Harga BBM Masih Murah, Energi Alternatif Melempem

 Jakarta - Perkembangan energi alternatif di Indonesia masih tersendat saat ini. Banyak kendala yang dihadapi di dalam negeri, salah satunya adalah masih murahnya harga bahan bakar minyak (BBM).

Demikian disampaikan oleh Direktur Jendral Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kardaya Warnika dalam rapat dengan Komisi VII DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (21/5/2012).

"Energi Baru Terbarukan (alternatif) mengalami banyak kendala. Sulit mengembangkan energi terbarukan jika kendala ini tidak dselesaikan," kata Kardaya. Dia mencatat setidaknya ada enam kendala mengapa energi terbarukan di Indonesia melempem: Adanya subsidi BBM.

Harga BBM yang sangat murah sehingga energi terbarukan sulit dikembangkan karena harga bersaing dengan BBM yang disubsidi besar-besaran sehingga harganya tidak wajar. Tumpang tindih lahan. Seperti panas bumi yang sering kali terdapat di hutan. Sangat bertentangan dengan kementerian kehutanan. Belum mendukungnya peraturan perundang-undangan. Terutama terkait bioetanaol. Belum jelas regulasi cukai. Dukungan pendanaan. Bank-bank belum paham betul manfaat dari energi terbarukan Harga jual masih cukup rendah Belum adanya dukungan dari industri hulu. (dnl/dnl)


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook