Alpen Steel | Renewable Energy

~ Jerman Tidak Akan Lagi Memakai PLTN

Era listrik dengan menggunakan tenaga nuklir akan segera berakhir, dengan berhasilnya tim insinyur Jerman membangun tenaga listrik yang berasal dari tenaga matahari (Solar Cell) berkapasitas 22 Gigawatt per-jam setara dengan kapasitas yang dihasilkan 20 pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN).

KEBERHASILAN alternatif energi terbarukan ini tak lepas dari rencana pemerintah Jerman yang akan menutup seluruh instalasi PLTN nya pada tahun 2022 akibat kekhawatiran Jerman terkait bencana PLTN yang terjadi di Fukushima Jepang tahun lalu.

Dari 17 PLTN yang dimiliki pemerintah Jerman untuk memenuhi kebutuhan listriknya, kini tersisa tinggal 9 pembangkit setelah sebelumnya 8 PLTN ditutup tak lama menyusul bencana Fukushima yang menjadi tragedi Internasional.

Pemerintah Jerman  saat ini akan terus mengembangkan pasokan listrik dari berbagai alternatif sumber energi terbarukan seperti listrik bertenaga angin, sinar matahari dan bio massa.

Norbert Allnoch, direktur institut energi terbarukan Jerman (IWR) mengungkapkan bahwa 22 Gigawatt energi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang sedang dibangun pihaknya, mampu memenuhi separuh dari kebutuhan listrik di Jerman, “Baru kali ini sebuah negara berhasil menghasilkan tenaga listrik dari sinar matahari hingga 22 Gigawatt,” jelas Allnoch di kantornya Muenster, Jerman.

“Awalnya direncanakan 20 Gigawatt, ternyata kami berhasil melampaui hingga mencapai 22 Gigawatt, dan menjadikan kami yang pertama melakukan pencapaian ini,” paparnya.

Rekor ini membuat Jerman menjadi pemimpin teknologi energi terbarukan dengan kemampuan memanfaatkan 20 persen per-tahun sumber energi terbarukan yang tersedia di Jerman.

Teknologi ini diklaim mampu mengurangi dampak emisi gas rumah kaca hingga 40 persen pada tahun 2020 mendatang.

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook