Alpen Steel | Renewable Energy

~ Dengan Perilaku Boros Listrik Harus Diakhiri

 Perilaku Boros Listrik Harus Diakhiri

JAKARTA, MINGGU - Seluruh masyarakat harus segera mengakhiri perilaku boros dalam konsumsi listrik agar laju konsumsi energi yang terus naik itu bisa diredam. Ajakan tersebut disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro saat membuka Gerakan Hemat Listrik Nasional di Museum Listrik Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (27/4).

"Kalau kita semua berhemat maka dampaknya bisa memberikan energi listrik bagi sekitar 100 juta masyarakat Indonesia yang hingga kini belum menikmati listrik," katanya. Pencanangan gerakan hemat listrik melalui peran serta wanita dalam keluarga itu dilakukan oleh istri Wakil Presiden, Mufidah Jusuf Kalla dan dihadiri sekitar 500 ibu-ibu dan 400 anak-anak sekolah dasar. 

Purnomo mengatakan, budaya hemat listrik harus dilakukan secara berkesinambungan sebab energi semakin mahal dan terbatas. Budaya hemat listrik harus ditanamkan secara luas di masyarakat dan keterlibatan generasi muda terutama anak-anak sangat dibutuhkan dalam melakukan perilaku hemat listrik.

"Caranya harus dimulai dari diri sendiri. Misalnya dengan mematikan lampu mulai pagi hari dan mematikan semua mesin pendingin ruangan apabila berangkat ke sekolah atau ke kantor," kata Purnomo.

 

Sementara itu, Direktur Utama PT PLN, Fahmi Mochtar dalam sambutannya mengatakan, bagi PLN upaya untuk mencukupi kebutuhan listrik masyarakat dengan harga terjangkau merupakan tantangan tersendiri. Terlebih dengan harga energi di pasar global yang terus naik saat ini sehingga mendorong terjadinya pembengkakan biaya produksi listrik. Karena itu, PLN terus melakukan gerakan penghematan di semua mata rantai produksi listrik PLN mulai dari sektor pembangkitan, transmisi hingga ke distribusi. Upaya tersebut akan berdampak besar apabila didukung oleh seluruh komponen masyarakat untuk tidak menggunakan energi listrik secara berlebihan, katanya.

PLN juga telah membuat program Lampu Hemat Energi (LHE) sebanyak 51 juta unit yang akan dibagikan kepada masyarakat. Ditargetkan, seluruh lampu LHE itu sudah bisa digunakan oleh  konsumen listrik PLN di Jawa-Bali pada Juni tahun ini.

Sumber: Kompas.com 


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook