Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pembangkit Listrik akan diambil dari Gunung Berapi

gunung merapi,gunung apiGunung Merapi, Indonesia. (Paul Almasy/CORBIS).

 

Gunung Berapi Segera Jadi Pembangkit Listrik 

 

Jika terealisir, Islandia akan mengekspor energi ke Inggris dan memasok hingga 20 persen kebutuhan listrik di Inggris.

Jika pemerintah Inggris berhasil mendapatkan kesepakatan, sejumlah gunung api di Islandia dalam waktu dekat akan memasok listrik untuk memenuhi kebutuhan energi bagi negeri Ratu Elizabeth itu. Mei mendatang, Charles Hendry, menteri Energi Inggris akan berkunjung ke Islandia, untuk menegosiasikan perjanjian tersebut.

Bila terealisir, kabel tembaga bawah laut sepanjang ratusan kilometer, yang disebut dengan interconnector akan dipasang. Kabel-kabel ini akan menghantarkan energi rendah karbon yang diambil dari sumber geothermal Islandia seperti gunung berapi ataupun geyser. Diperkirakan, ia akan memasok hingga sepertiga kebutuhan listrik rata-rata Inggris.

“Kita tengah menyiapkan energi ramah lingkungan. Saat ini yang terpenting adalah memasang sejumlah interconnector terlebih dahulu,” kata Hendry. Kabel tembaga itu sendiri kemungkinan akan membentang sepanjang sekitar 1.500 kilometer. Bila selesai terpasang, bentangan ini akan menjadi bentangan kabel tembaga terpanjang di dunia.

Proyek ini, kata Hendry, jika disepakati, akan mulai beroperasi sebelum tahun 2020. Ia merupakan bagian dari rencana besar Uni Eropa untuk mencapai target, yakni 20 persen porsi kebutuhan energi pada dekade mendatang, berasal dari sumber-sumber terbarukan. Interconnector Islandia sendiri sebenarnya sudah diperdebatkan selama beberapa dekade terakhir namun dinilai terlalu mahal. Tetapi, terus meningkatnya harga energi di Eropa membuat proposal tersebut menjadi masuk akal.

Islandia juga berharap dapat melakukan ekspor energi setelah mengalami krisis finansial dahsyat ketika sejumlah bank-bank utama mereka bangkrut di akhir 2008. Negara itu terus mencari berbagai cara untuk menggerakkan ekonomi serta menghilangkan ketergantungan pada sektor finansial dan perikanan.
(Abiyu Pradipa. Sumber: SkyNews).

(www.nationalgeographic.com)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook