Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLN Manfaatkan Teknologi CNG Untuk Penuhi Kebutuhan Energi Primer Pambangkit Listrik

PLN Manfaatkan Teknologi CNG Kurangi Konsumsi BBM


JAKARTA, (PRLM).- PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) akan memanfaatkan teknologi Compressed Natural Gas (CNG) untuk memenuhi kebutuhan energi primer pembangkit listrik.

“Pemanfaatan teknologi Compressed Natural Gas diupayakan untuk mengurangi konsumsi BBM yang selama ini masih digunakan untuk mengoperasikan beberapa pembangkit listrik,” kata Manajer Senior Komunikasi Korporat PT PLN (Persero) Bambang Dwiyanto di kantor pusat PLN Jakarta, Selasa (31/1/12).

Bambang menekankan alokasi gas untuk pasar domestik jumlahnya masih belum mencukupi. Hal itu disebabkan ketidaksesuaian kebutuhan dan pasokan (demand dan supply) yaitu antara lokasi sumber gas tersedia dan lokasi kebutuhan gas yang tersebar.

Salah satu upaya PLN dalam mengatasi kendala kurangnya pasokan gas, menurutnya, dengan menyimpan gas lapangan (gas pipa) ke dalam bentuk CNG, sehingga dapat dibawa dalam volume yang sesuai ke lokasi yang membutuhkan, dan diserap sesuai pola kebutuhan operasi pembangkit gas yang fluktuatif.

Ia menambahkan PLN telah memetakan potensi pemanfaatan CNG untuk kawasan Indonesia Barat dan Timur. CNG akan diarahkan untuk memanfaatkan potensi sumur-sumur gas dengan kapasitas relatif kecil, sumur gas marginal, gas flare dan kelebihan pasokan gas sesaat akibat pola penyerapan gas yang fluktuatif.

Pemanfaatan CNG untuk menggantikan konsumsi BBM menghadapi kendala tidak tersedianya pasokan gas pipa di sekitar lokasi pembangkit. Sebagai terobosan untuk mengatasi permasalahan ini, katanya, PLN akan menggunakan CNG yang dikirim dari tempat lain dan ditransportasikan melalui laut. Teknologi yang dipakai dikenal dengan istilah Marine CNG.

“Dengan cara ini PLN dapat meningkatkan nilai dari gas karena menggantikan BBM pada lokasi yang selama ini tidak ada pasokan gas maupun untuk pembangkit peaking yang saat ini masih memakai BBM,” ujarnya.

Pikiran-Rakyat.co.id


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook