Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pembangunan Ekonomi Secara Konvensional Dinilai Gagal Bertahan

Pembangunan Konvensional Terbukti Gagal

 

Ilustrasi

 

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembangunan ekonomi secara konvensional yang hanya berkutat pada modal dan keuntungan dinilai gagal bertahan dalam menghadapi kemajuan zaman. Konsep pembangunan hijau yang memberi perhatian besar terhadap lingkungan dan masyarakat membuat terjaminnya pembangunan yang berkelanjutan.

”Sejak zaman revolusi industri, perhatian hanya pada modal tinggi dan keuntungan. Lingkungan dan sosial dianggap bukan urusan pengusaha,” kata Prof Surna T Djajadiningrat, Guru Besar School of Business and Management Institut Teknologi Bandung, Rabu (28/9/2011), di Jakarta.

Ia mengatakan, sejarah membuktikan pengabaian terhadap masalah lingkungan menyebabkan perubahan cuaca yang mengancam kelangsungan industri dan aktivitas perusahaan, misalnya, angin topan dan banjir yang membuat industri berhenti bekerja.

Sementara itu, pengabaian masalah sosial pun membuat berbagai gangguan, seperti protes dari masyarakat setempat, mogok kerja dari pekerja yang tak dipenuhi hak-haknya, serta berbagai hal lain.

Menurut Surna, sudah saatnya arah pembangunan menuju langkah-langkah yang ramah lingkungan dan masyarakat. Hal ini bisa tercapai jika dilakukan secara holistik antara pemerintah, pengusaha, dan masyarakat yang memiliki paradigma sama.

”Slogan pro job, pro poor, pro growth, pro environment, dan pro business oleh Presiden itu sudah benar. Tinggal diimplementasikan,” ujar penulis buku Ekonomi Hijau itu.


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook