Alpen Steel | Renewable Energy

~Mobil Tanpa Bensin

Tanpa Bensin, Kemudi seperti Pesawat

HONDA adalah produsen mobil terdepan yang mengusung teknologi dengan sumber energi nonfosil. Jika produsen lain baru sampai pada tahap penggambungan sumber energi bensin dengan listrik, tenaga matahari, atau baterai portabel, Honda sudah meluncurkan produk yang sama sekali membuang BBM sebagai penggerak mesin-mesinnya.

Mobil yang kini menjadi favorit pasar Eropa itu adalah FCX Clarity. Saat memberikan keterangan kepada wartawan, Creative Director Honda Motor Co Toshinobu Minami menjelaskan, Clarity merupakan mobil yang menggunakan mesin listrik dan hidogren terkompresi sehingga membawa energi dan hanya memencarkan uap air pada knalpotnya. "Efisiensi bahan bakarnya dua kali lebih irit daripada mobil bertenaga bensin," ujarnya. 

Lebih lanjut, menurut dia, FCX hanya tersedia dibeberapa negara yang memiliki infrastruktur untuk kendaraan bertenaga karbon. Misalnya, Amerika Serikat, setelah Jepang yang merupakan tempat mobil ini diproduksi. 

Saat diberi kesempatan menjajal mobil tersebut di Sirkuit Montegi, Jepang, sangat terasa keandalan tarikan FCX Clarity di berbagai medan jalan. Mobil dapat berkelak-kelok dengan lincah pada formasi zig-zag. Namun, saat jalanan lurus, kecepatan hingga 150 km per jam bisa ditembus dalam tempo tak sampai 5 detik. Pengemudi juga semakin nyaman dengan tampilan ruang kemudi yang menyerupai kokpit pesawat. "Semua informasi kami siapkan buat pengemudi. Sebab, dalam asumsi kami, kecelakaan akan bisa ditekan jika pengemudi mendapat informasi yang lengkap saat mengemudi," ujarnya.

Selain FCX Clarity, Honda memperkenalkan konsep mobil sport modern yang diberi nama EV-Steer. Mobil itu disiapkan sebagai kendaraan masa depan. Konsep mobil listrik sport kecil yang digerakkan motor listrik berkekuatan 58 kw (77,7 hp) itu mampu menjanjikan performa berkendara berkat bobotnya yang ringan dengan daya jelajah hingga 160 km. 

Urusan desain eksterior tidak perlu banyak komentar karena sangat oke. Sedangkan bagian interiornya lebih tampak seperti kokpit pesawat jet berkat joystick tuas kembar yang berfungsi sebagia alat kemudi. Panel instrumennya mengusung tidak hanya meter-meter ukuran, tetapi juga display yang memuat informasi dan status kendaraan, sistem audio, serta sistem navigasi juga untuk akses internet.
 
Sumber :  jpnn.com

Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook