Alpen Steel | Renewable Energy

~Penggunaan Energi Alternatif Dipacu

Penggunaan Energi Alternatif Dipacu  
 
JAKARTA– Pemerintah terus mengupayakan penggunaan energi alternatif seperti batu bara dalam memenuhi kebutuhan domestik dibanding energi nuklir. Di samping harganya lebih murah, risiko pemakaian batu bara dinilai lebih rendah. 

“Nuklir itu lebih mahal dari batu bara, panas bumi, dan dari gas. Yang ada dulu untuk dikembangkan. Siapa tahu energi matahari dan angin lebih murah dari batu bara, ngapain kita memikirkan nuklir lagi kalau kayak gitu,” kata Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo saat ditemui di kantornya di Jakarta, kemarin. 

Menurut profesor yang berambut gondrong ini, produksi batu bara untuk domestik baru 20%, sehingga pemerintah terus mengembangkan produksi ini. Selain itu, Kementerian ESDM juga akan mengembangkan gas. “Jika reserving terminal sudah jadi, akan ada pasokan dari Tangguh, ExxonMobil dan kita juga punya panas bumi dan hydropower, itu semua harus kita kembangkan,” katanya. 

Guru Besar Fakultas Teknik Institut Teknologi Bandung ini juga menjelaskan, jika Indonesia ingin membangun nuklir dirinya mengimbau agar bekerja sama dengan Singapura. Dia beralasan, Negeri Singapura merupakan negara yang dekat dengan Indonesia. Selain itu, pengawasan dan kontrolnya lebih ketat dibandingkan orang Indonesia. 

Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook