Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pemanfaatan Tenaga Gerak Kendaraan Sebagai Energi Alternatif

Energi Alternatif dari Tenaga Gerak Kendaraan

Jalan di City of Roanoke, Virginia, Amerika Serikat akan memiliki sumber tenaga listrik yang berasal dari daya tekan kenadaraan. New Energy Technology (NET) menggunakan sistem MotionPower untuk mengkonversi daya tekan atau tenaga gerak kendaraan menjadi energi listrik. Sistem ramah lingkungan ini telah diuji coba kepada 580 kendaraan pada bulan Oktober lalu di Virginia.

Sistem ini menangkap daya tekan dan energi mobil, truk, bus, dan berbagai kendaraan berat lainnya saat kendaraan tersebut melambat dan akhirnya berhenti. "Ban dari kendaraan itu memberikan tekanan kepada serangkaian panel kecil yang akan memutar generator listrik," ungkap CEO NET, John Conklin.

Dengan adanya teknologi ini, diharapkan dapat menjadi energi alternatif dan membantu mengurangi emisi gas yang disumbangkan oleh 250 juta mobil di Amerika Serikat.

Sistem MotionPower dapat digunakan untuk menambah atau mengganti pasokan listrik konvensional yang digunakan pada marka jalan, lampu jalan, bangunan, dan sebagai tenaga listik darurat. Walikota Roanoke, Mark Jamison mengungkapkan, sistem ini akan dapat mengurangi biaya pada penggunaan perangkat lalu lintas dan memiliki potensi untuk menciptakan kondisi ramah lingkungan yang berkelanjutan.

Tempat parkir, jalur keluar, pintu tol, dan tempat peristirahat akan mejadi tempat-tempat yang akan dipasangkan MotionPower. Jika penggunaannya sama dengan saat demonstrasi, maka diperkirakan MotionPower ini dapat menghidupi listrik rumah atau bilboard sebesar 45 meter persegi selama satu hari penuh. (gas2.org)

Sumber : National Geografhic Indonesia

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook