Alpen Steel | Renewable Energy

~ Indonesia Akan Bangun, 40 Kincir Angin Dan Solar Cell

Energi Listrik Hibrid Terbesar Indonesia Dibangun

 

 

YOGYAKARTA--MI: Pemerintah membangun proyek energi listrik hibrid terbesar di Indonesia. Pembangunan yang dilakukan di kawasan Pantai Pandansimo Baru, Dusun Ngentak, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Energi listrik hibrid ini terbesar di Indonesia. Proyek ini adalah percontohan dan nantinya bisa dikembangkan ke daerah lain," kata Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek), Suharna Surapranata, Minggu (27/6), saat peletakan batu pertama percontohan pengembangan energi listrik hibrid tersebut.

Energi listrik hibrid itu menggunakan sistem konversi energi angin dan sistem energi matahari. Pembangkit ini terdiri dari 40 kincir angin. Satu kincir angin mampu menghasilkan listrik 1 kilowatt. Selain itu, untuk energi mataharinya memakai panel surya dengan kapasitas produksi energi listriknya sampai 15.000 watt.

Pembangunan energi listrik hibrid tersebut memakan dana Rp3 miliar dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Ada juga dukungan dana oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Pemerintah Kabupaten Bantul, UGM Yogyakarta, Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia. Total dana yang dikucurkan mencapai Rp5 miliar.

Energi listrik hibrid yang dibangun di kampung nelayan Pantai Pandansimo itu bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat setempat. Yaitu, untuk memproduksi 1.000 kilogram es balok per hari serta untuk memompa air sumur renteng untuk kebutuhan petani di pesisir pantai, terutama pada musim kemarau. Selain itu, energi listrik yang dihasilkan juga bisa untuk penerangan jalan umum.

Bupati Bantul Idham Samawi mengungkapkan, dengan pembangunan energi listrik hibrid tersebut maka akan bisa mendukung program Pemkab Bantul yang ingin mengembangkan perkebunan dan pertanian di kawasan pesisir. Seperti diketahui, di pesisir pantai selatan Yogyakarta itu sedang dikembangkan untuk pertanian seperti buah melon, buah naga, tomat, bawang merah, bawang putih, dan cabai.

"Dengan sistem energi listrik hibrid itu maka kawasan kampung nelayan Pantai Pandansimo Baru ini juga akan dikembangkan sebagai kawasan wisata Agro Fisheries Technopark," jelasnya. (SO/OL-5)

Sumber : www.mediaindonesia.com/read/2010/06/06/1...r-Indonesia-Dibangun
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook