Alpen Steel | Renewable Energy

~ Ogan Komering Ulu (OKU) Terima Hibah Mesin Biodiesel

OKU Timur Terima Hibah Mesin Biodiesel

 

OKU Timur, Kompas - Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur menerima hibah mesin pabrik bahan bakar nabati dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Selain OKU Timur, ada tiga kabupaten lain yang menerima bantuan serupa, yaitu Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Timor Tengah Utara.

Hal itu dikatakan Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menneg Ristek) Suharna Surapranata seusai penyerahan bantuan hibah di Kabupaten OKU Timur, Minggu (17/1). OKU Timur mendapatkan hibah tiga mesin pemeras biji jarak dengan kapasitas 18 ton per hari dan 1 mesin biodiesel kapasitas 6 ton per hari.

Kabupaten Lebak, Serang, diberi mesin biotenol berkapasitas 1.000 liter per hari. Dua kabupaten lainnya sudah dikembangkan dan dibangun pembangkit listrik tenaga hibrida (surya-bayu-diesel) dengan memanfaatkan sumber potensi energi panas matahari dan angin yang dikombinasikan dengan pembangkit diesel yang dapat menggunakan bahan bakar minyak jarak.

”Semua hasil pengembangan teknologi serta pembangunan instalasi pabrik dan pembangkit listrik merupakan hasil karya peneliti Indonesia di bidang energi yang disinergikan dengan industri manufaktur nasional,” kata Menneg Ristek.

Selain itu, bantuan hibah ini merupakan bentuk sinergi kemitraan antara pemerintah pusat (Kementerian Negara Riset dan Teknologi) dan pemerintah kabupaten.

”Semua instalasi pabrik bahan bakar nabati (BBN) dan pembangkit listrik yang telah dibangun merupakan stimulan bagi pemerintah kabupaten untuk terus membangun wilayahnya guna tercapai kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Bupati Rote Ndao, Provinsi NTT, Lens Haning mengatakan, pemberian bantuan ini bertujuan memotivasi rakyat guna memberdayakan kemampuan. Mesin pembangkit listrik tenaga hibrida (surya-bayu-diesel) dengan kapasitas 150 megawatt sudah dioperasikan sejak dua tahun lalu dan sampai sekarang masih dimanfaatkan untuk 320 kepala keluarga di Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao.

”Di sisi lain, aset ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat,” katanya.

Menjawab persoalan

Bupati OKU Timur Herman Deru mengaku berterima kasih atas bantuan hibah ini sebab di OKU Timur bahan baku untuk biodiesel tersedia dan animo masyarakat cukup tinggi karena oktan rendah. Namun, mengingat biaya operasional cukup tinggi, harus dicari solusinya.

Pabrik biodiesel di Kabupaten OKU Timur sudah berproduksi dengan kapasitas enam ton per hari. Optimalisasi produksi pabrik biodiesel saat ini masih menantikan janji pemerintah pusat untuk memberikan subsidi khusus kepada pemakai produk biodiesel.

”Subsidi ini diharapkan bisa mencapai minimal Rp 3.000 per liter. Dengan demikian, produk ini bisa ditingkatkan kapasitasnya dengan leluasa,” katanya.

Ongkos produksi

Saat ini, produktivitas pabrik biodiesel yang dibangun Kementerian Negara Riset dan Teknologi di Kabupaten OKU Timur belum memadai dan masih terkendala dengan besarnya ongkos produksi Rp 8.000 per liter. Padahal, harga jual ideal hanya sekitar Rp 3.000 per liter.

Ditanya pendapat soal harga Rp 3.000 per liter ini, Herman Deru menjelaskan, hal itu tidak menjadi masalah seandainya harga minyak dunia 100 dollar AS per barrel.

”Kami tidak akan meminta subsidi itu jika harga minyak dunia lebih dari 100 dollar AS per barrel. Namun, karena sekarang posisinya 70 dollar AS per barrel, angka tersebut menjadikan harga jual yang tidak sesuai dengan ongkos produksi,” katanya menjelaskan.

Ia menambahkan juga bahwa seandainya harga minyak dunia saat ini mencapai 70 dollar AS per barrel, perlu disubsidi Rp 3.000-Rp 4.000.

Saat bersamaan, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan Bupati OKU Timur Herman Deru meresmikan Jembatan Komering V, yang menghubungkan Desa Kota Negara Darat dengan Kota Negara Seberang. Pembangunan jembatan sepanjang 2,7 kilometer yang membelah Sungai Komering tersebut menelan biaya sebesar Rp 43 miliar. (ONI)

 

Sumber : Kompas


Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook