Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pasok Energi Surya Melalui Program CSR

Antam Kucurkan Rp1,4 Miliar Pasok Energi Surya
 
 

http://matanews.comJAKARTA, MEDIAINDONESIA.COM — PT Aneka Tambang Tbk (Antam) mengucurkan dana senilai Rp1,4 miliar dari progam tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) untuk menyediakan energi surya bagi masyarakat di sekitar unit bisnis pertambangan nikel perseroan di enam desa di Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara.

Menurut Dirut Antam Alwin Syah Loebis, dalam proyek awal ini, perseroan menggandeng PT LEN Industri (LEN) untuk membangun sarana dan prasarana pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 300-500 watt.

Pada pelaksanaannya, badan usaha milik negara (BUMN) industri panel surya itu akan menunjuk anak usahanya, PT Surya Energi Indotama, untuk mengerjakan sistem instalasinya.

"Instalasi PLTS akan memasok listrik ke fasilitas-fasilitas umum perdesaan seperti balai desa, sekolah, fasilitas ibadah, puskesmas, dan penerangan lampu jalan," ujarnya di sela penandatanganan nota kesepahaman bersama Dirut PT LEN Wahyudin Bagenda di Gedung Antam, Jakarta, Rabu (31/3).

Menurut dia, proyek ini bagian dari program CSR perseroan yang langsung menyentuh kebutuhan dasar masyarakat di daerah terpencil. Utamanya dalam hal pemenuhan listrik. "Program ini juga bagian upaya mewujudkan sinergitas di antara kedua BUMN," ujarnya.

Program ini, ujarnya, hanyalah langkah awal program kemitraan kedua BUMN dalam meningkatkan akses masyarakat daerah terpencil kepada listrik berbasis energi terbarukan. Ke depan, pihaknya akan terus mencari lokasi-lokasi lain di sekitar wilayah pertambangan Antam yang juga belum terjangkau jaringan listrik PLN.

Menurut Wahyudin, selain pemasangan instalasi PLTS, program kerja sama itu mencakup pemberian edukasi kepada masyarakat pengguna mengenai cara kerja serta perawatan dan perbaikan alat yang diberikan. Pasalnya, pemakaian listrik oleh masyarakat kerap tidak terkontrol dan lupa kalau kapasitas listrik dari energi surya terbatas.

"Jangan sampai begitu dapat instalasi, sistem cepat jebol akibat kelebihan beban," ujarnya. (*/OL-04)

 Sumber: MEDIA INDONESIA


Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook