Alpen Steel | Renewable Energy

~ Agus Martowardoyo lebih akomodatif terhadap pengembangan sektor energi dan pertambangan

Menkeu Baru
Diharapkan Akomodatif di Sektor Energi

KOMPAS/RIZA FATHONI
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menerima ucapan selamat dari Direktur Bank Mandiri Agus DW Martowardojo saat acara kuliah perpisahan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia di Jakarta, Rabu (19/5/2010) siang.

JAKARTA, KOMPAS.com - ReforMiner Institute mengharapkan, Menteri Keuangan yang baru, Agus Martowardoyo lebih akomodatif terhadap pengembangan sektor energi dan pertambangan.

Direktur ReforMiner Institute Pri Agung Rakhmanto di Jakarta, Kamis (20/5/2010) mengatakan, latar belakang sebagai bankir diharapkan menjadi modal bagi Agus lebih memperhatikan sektor riil termasuk energi dan pertambangan.

"Agus diharapkan lebih akomodatif terhadap sektor energi terutama menyangkut ketentuan perpajakan," katanya.

Dia juga berharap, Menkeu baru itu membuat terobosan dalam hal fiskal, khususnya menyangkut pembiayaan pemerintah untuk infrastruktur energi.

Pri Agung menambahkan, Agus bisa mencontoh Sri Mulyani yang selama menjabat Menkeu telah peduli dan mau mendengar masukan khususnya terkait asumsi makro APBN. "Itu bagus dan perlu dilanjutkan," katanya.

Namun, lanjutnya, langkah Sri Mulyani yang terlibat terlalu jauh misalkan dalam hal kebijakan pengembalian biaya operasi migas (cost recovery) hingga menggulirkan rancangan peraturan pemerintah (RPP) cost recovery sebaiknya tidak diikuti.

Pri Agung berharap banyak kepada Agus dan Wakil Menkeu Anny Ratnawati akan menjadi duet yang membawa sektor energi dan pertambangan berkembang lebih optimal.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk Agus yang merupakan Dirut Bank Mandiri sebagai Menkeu menggantikan Sri Mulyani yang akan menempati posisi sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia per 1 Juni 2010.

Selain Agus, Yudhoyono juga memilih Dirjen Anggaran Kemkeu Anny Ratnawati sebagai Wakil Menkeu.

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook