Alpen Steel | Renewable Energy

~ TIPE H-DARRIEUS UNTUK SISTEM PENERANGAN DI KAPAL PERENCANAAN TURBIN ANGIN

 PERENCANAAN TURBIN ANGIN TIPE H-DARRIEUS UNTUK SISTEM PENERANGAN DI KAPAL 

DESIGN OF WIND TURBINE H-DARRIEUS TYPE FOR LIGHTING SYSTEM ON THE SHIP

  
  
Untuk Indonesia, ada tiga data yang sebenarnya bisa digunakan untuk memprediksi kemelut BBM saat ini, yakni: (1) Setelah mencapai puncaknya pada tahun 1980-an, produksi minyak Indonesia terus menurun; dari hampir 1.6 juta barel/hari [1], saat ini hanya 1.2 juta barel/hari [2, 3], (2) Pertumbuhan konsumsi energi dalam negeri yang mencapai 10% per tahun [1], dan (3)

Kecenderungan harga minyak dunia yang terus meningkat setelah krisis moneter yang melanda Asia pada tahun 1998. Untuk itu perlu dicarikan solusi yang tepat, yaitu dengan beralih pada sumber energi terbarukan salah satunya energi angin. Dalam penelitian ini sumber tenaga angin tersebut dimanfaatkan untuk menyuplai kebutuhan listrik sistem penerangan pada kapal melalui percobaan dengan membuat model turbin angin H-darrieus.

Dalam tugas akhir saya ini membuat turbin angin untuk diaplikasikan diatas kapal. Kegunaan turbin angin ini untuk menyuplai daya listrik di sistem penerangan pada kapal. Turbin angin yang dibuat merupakan tipe tubin angin vertikal dan mempunyai dua bilah blade.

Ukuran bladenya mempunyai panjang chord dan tinggi sebesar 10 mm dan 100 mm. Diameter turbin angin adalah 100 mm. Turbin angin ini di coba di pantai kenjeran untuk mendapatkan kecepatan angin yang besar. Turbin angin ini berputar disebabkan oleh gaya lift (angkat) yang di akibatkan oleh bentuk bladenya.

Created by Nugroho, Aryanto Agus

Sumber : Kompas




Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook