Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pemanfaatan Energi Surya Secara Maksimal

Bakrieland Manfaatkan Energi Surya Bagi Berbagai Proyeknya

 PT Bakrieland Development Terbuka akan memanfaatkan secara maksimal penggunaan energi surya (solar energy system) bagi berbagai proyeknya, dalam rangka ikut mewujudkan lingkungan yang hijau dan asri serta dalam rangka penghematan listrik.

"Bakrieland akan menggunakan energi matahari dan panel listrik tenaga surya sehingga bisa ikut menciptakan `green building` (kawasan bangunan yang hijau dan asri, red) dan `green environment`," kata Direktur Utama Bakrieland Development Hiramsyah S Thaib kepada pers di Jakarta, Kamis, ketika menjelaskan rencana pembangunan berbagai proyek yang akan memanfaatkan energi matahari.

Hiramsyah memberi contoh kawasan Rasuna Epicentrum yang terletak di Kuningan Jakarta membutuhkan listrik sekitar 75 MW yang sekitar tiga hingga lima persen di antaranya akan memanfaatkan energi matahari sebagai sumber listriknya. Untuk mewujudkan target tersebut, maka Bakrie Development bekerja sama dengan sebuah perusahaan dari China, Suntech Power untuk memproduksi listrik dari matahari sebanyak 250 KW hingga tahun 2010.

"Pengggunaan solar energy ini tidak hanya membantu lingkungan untuk mengurangi polusi atau pencemaran tapi juga mendorong perusahaan ikut mewujudkan penghematan listrik," kata Hiramsyah.

Tenaga listrik sebanyak 250 KW yang berasal dari energi matahari ini jumlah produksinya akan terus ditingkatkan hingga konsumsi Bakrieland terhadap listrik yang dihasilkan PLN bisa terus dikurangi secara signifikan/ mencolok.

Untuk mempermudah transportasi para penghuni dan pengunjung Rasuna Epicentrum, maka perusahaan ini akan menyediakan fasilitas trem listrik.

Ia membenarkan bahwa pada tahap awal pemanfaatan solar energy system ini akan mengakibatkan biaya tambahan terutama bagi pengadaan panel-panel untuk menyerap sinar matahari. Namun pada tahap berikutnya, biaya pemanfaatan energi surya ini bisa berkurang 30 hingga 40 persen.

Energi matahari ini tidak hanya akan dimanfaatkan oleh Bakrieland pada proyek-proyeknya di Jakarta tapi juga di kota-kota lainnya seperti Bogor serta Surabaya.

Sinar matahari yang tersedia sepanjang tahun di Indonesia merupakan salah satu faktor pendorong bagi pengambilan keputusan Bakrieland Development Tbk untuk memanfaatkan solar energy system ini, katanya.(*)

Jakarta (ANTARA News)
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook