Alpen Steel | Renewable Energy

~ Gerakan Nasioanal Penanaman Jarak

Menanam jarak tak atasi kemiskinan


Gerakan nasi-onal penanaman pohon jarak untuk bahan baku minyak na-bati (biofeul) tidak dapat dija-dikan sebagai program alter-natif bagi pengentasan kemis-kinan rakyat karena nilai eko-nomi komoditas itu rendah.

Sebab, produksi buah jarak sekarang ini belum bisa di-kembangkan dengan pende-katan industrial yang men-cakup aspek kepastian, kesa-maan dan jaminan kelang-sungan pasokan bagi kelan-caran industri minyak nabati.

Deputi Bidang Koordinator Pertanian dan Kelautan Ke-mentrian Koordinator Bidang Perekonomian, Bayu Kris-namurthi mengatakan hingga saat ini belum ada satupun industri yang siap menam-pung buah jarak dari petani untuk bahan bakunya.

"Kalau dalam situasi itu petani diminta menanam pohon jarak dan hanya hidup

dengan hasil tanamannya itu tentu tidak bisa dan mereka tetap miskin," katanya seusai seminar bertajuk Biodiesel: Kembalilah ke jalan yang benar di Jakarta kemarin.

Sementara itu, 2.000 ha la-han kritis di daerah tangkapan air Danau Toba yang saat ini gundul potensial dikembang-kan untuk menjadi lahan per-tanaman jarak di Sumut.

Selain untuk menghasilkan tanaman jarak yang mempu-nyai potensi ekonomi sebagai sumber energi alternatif, pe­nanaman itu juga dimaksud-kan sebagai fungsi konservasi mengatasi hutan kristis.

Kepala Dinas Kehutanan Sumut Batara Girsang meng ungkapkan enam pemerintah kabupaten yang wilayahnya berada di daerah tangkapan air Danau Toba yakni Sima-lungun, Samosir, Toba Sa-mosir, Tapanuli Utara, Hum-bang Hasundutan dan Dairi, sudah menyatakan kesediaan-nya untuk mendukung. (K9)

JAKARTA

PT. Kreatif Energi Indonesia
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook