Alpen Steel | Renewable Energy

~ PT. Pertamina Jual Solar Yang Dicampur Biodiesel

Harga Biosolar Sama dengan Solar Subsidi


PT Pertamina akan menjual solar yang telah dicampur dengan bio-diesel atau biosolar dengan harga Rp 4.300 per liter atau sama dengan solar subsidi.

Sejak pemerintah mengeluar-kan aturan pencampuran bahan bakar minyak dengan bahan ba-kar nabati, sudah ada tujuh perusahaan yang menawarkan kerja sama dengan Pertamina.

Demikian dikatakan Direktur Niaga dan Pemasaran PT Pertamina Achmad Faisal, Jumat (5/5) di Jakarta.

Untuk tahap awal, Pertamina akan memasarkan biosolar di tiga stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU) di Jakarta. Salah satunya di Jalan Industri, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Karena masih uji coba, tiap SPBU hanya dipasok 8.000 liter, harganya tetap sama dengan har­ga solar subsidi," kata Faisal.

la mengatakan, ada tujuh per-usahaan dan lembaga pemerintah yang menawarkan memasok bio-diesel. Ketujuh perusahaan itu adalah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (per hari), PT Energi Alternatif In­ donesia (l ton per nan).

Direktur Pemasaran Minyak dan Gas Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral Erie Soe-darmo mengatakan, biodiesel masuk BBM biasa karena itu biojuel tinggal melanjutkan kesepakatan

Namun, harga jual BBM yang sudah dicampur dengan bahan bakar nabati seharusnya tidak le-bih mahal daripada harga BBM subsidi. Perhitungan Departemen ESDM menunjukkan, pro-duksi biofuel skala kecil harganya Rp 3.250 per liter. (DOT)


Sumber : Kompas
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook