Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLTA Di Cisokan Rencana Menjadi Pumped Storage

PLTA CISOKAN "PUMPED STORAGE" PERTAMA DI INDONESIA

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Cisokan akan menjadi "pumped storage" pertama yang akan dibangun di Indonesia.

"PLTA Cisokan bahkan akan menjadi PLTA dengan sistem pumped storage pertama di Indonesia, bahkan terbesar di ASEAN," kata Direktur Utama PT PLN Fahmi Mohtar di Bandung, Sabtu.

Manfaat pumped storage adalah menyediakan listrik pada beban puncak, mengontrol frekuensi, mempunyai kemampuan respon yang dinamis, berfungsi sebagai fasilitas pembangkit cadangan, serta mampu `back start` apabila sistem kelistrikan mengalami gangguan.

PLTA pumped storage Cisokan akan dibangun pada Sungai Cisokan yang merupakan anak Sungai Citarum di wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur.

Dua buah bendungan akan dibandun untuk PLTH Cisokan yakni bendungan hilir terletak pada Sungai Cisokan sedangkan bendungan hulu terletak di Sungai Cirumanis, anak Sungai Cisokan.

Energi listrik yang dihasilkan dengan sistem ini, kata Fahmi diharapkan menjadi penyeimbang beban penggunaan listrik pada siang dan malam hari yang selama ini mengandalkan pasokan listrik dari Jawa Timur.

Menurut dia, pembangunan PLTA Cisokan untuk menambah daya listrik dalam memenuhi permintaan akan kebutuhan tenaga listrik pada sistem kelistrikan Jawa-Bali, terutama pada saat beban puncak.

Ia menyebutkan, pembangunan PLTA pumped storage upper Cisokan membutuhkan anggaran sebesar 850 juta dolar AS yang melibatkan dana Bank Dunia, PLN dan APBN.

"Kami sudah mendapat indikasi komitmen dari Bank Dunia, besarnya sekitar 700 juta dolar AS, sisanya akan dipenuhi oleh PLN dan bantuan APBN," kata Fahmi Mohtar.

Cara kerja PLTA pumped storage dilakukan sebagai penyimpan energi pada saat beban dasar capai off peak untuk menyediakan kapasitas yang handal pada beban puncak dengan cara memompakan air dari waduk hilir ke waduk hulu sebagai penyimpan energi.

Rencananya, PLTA Cisokan akan akan mulai dibangun pertengahan 2010 dan rampung 2013 dengan menghasilkan listrik 1.040 MW dengan jumlah turbin sebanyak empat buah masing-masing menghasilkan 260 MW.

PLTA itu berdekatan dengan PLTA Cirata dengan kapasitas 1.000 MW dan di sebelah timur terdapat PLTA Saguling dengan kapasitas 700 MW.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan mengharapkan PLTA Cisokan mampu mendukung pemenuhan elektrifikasi listrik di Jawa Barat yang saat ini baru mencapai 64 persen.

"Kebutuhan akan energi listrik yang besar masih belum tercukupi optimal, diharapkan PLTA Cisokan bisa mendorong elektrifikasi di sini," kata Heryawan.

Selain itu memasok listrik ke sistem Jawa - Bali, PLTA itu juga diharapkan mampu mengatasi permasalahan banjir di wilayah Ibukota Jakarta dan sekitarnya karena sistem pumped storage dapat berfungsi sebagai penahan debit air di hulu yang mengatur aliran air

 Bandung,(Antara/FINROLL News)

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook