Alpen Steel | Renewable Energy

~ UMM, Kampus Mandiri Energi Terbarukan

UMM, Kampus Mandiri Energi dengan Micro Hidro, Biogas dan Solar Cell

Melalui kerjasama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), UMM membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Menurut berita yang dirilis website resmi , Senin (22/06/2009), sejak tahun 2008 PLTMH tersebut mulai beroperasi dengan menghasilkan energisebesar 100 KwH. Energi sebesar itu diperhitungkan sanggup menyuplai 30% listrik kampus pada siang hari ketika beban listrik memuncak, dan  100% beban listrik pada malam hari.

Bersamaan dengan itu, UMM juga mengembangkan reaktor biogas yang dihasilkan dari kandang laboratorium peternakan, disamping di setiap lampu taman kampus juga dibangun instalasi listrik bertenaga surya (solar cell). Semuanya bermanfaat selain menjadi sumber energi juga menjadi laboratorium Fakultas Teknik. Maka tak heran, banyak instansi pemerintah, perguruan tinggi maupun pemerintah yang melakukan studi banding untuk mempelajari secara langsung upaya UMM ini.

"Setidaknya dua rombongan kunjungan dalam satu bulan mendatangi PLTMH UMM dan unit-unit lainnya. Mereka dari anak sekolah, mahasiswa, dosen, pejabat pemerintah, bahkan Duta Besar negara sahabat. Duta Besar Iran juga pernah berkunjung ke sini," kata Kepala Humas UMM, Nasrullah.

Dalam waktu dekat, PLTMH tahap II direncanakan dibangun. Program yang juga memperoleh bantuan Menteri ESDM ini akan menghasilkan listrik lebih besar, yakni 150 KwH. Dengan demikian, UMM dipastikan bisa segera merealisasikan kampus mandiri energi.

"Program ini cukup signifikan menghemat pembayaran listrik ke PLN. Apalagi kebutuhan listrik kampus terus bertambah seiring bertambahnya peralatan IT yang dimiliki UMM. Dananya kan bisa untuk mengembangkan fasilitas lain untuk mahasiswa, sehingga mahasiswa memperoleh pelayanan lebih baik daripada jumlah yang dibayarkannya" kata Pembantu Rektor II Mursidi.

 Inisiatif Awal

Upaya kemandirian energi UMM dimulai sejak beberapa tahun lalu. Rektor mengintruksikan beberapa dosen dan mahasiswa UMM untuk menggali potensi sumber daya alam yang dimiliki kampus III UMM di Jl Tlogomas itu. Topografi kampus unik seluas 45 hektar yang dikelilingi pegunungan dan dialiri sungai Brantas, menjadikan universitas berjuluk Kampus Putih itu menyimpan potensi besar. Maka, risetpun berhasil menemukan pola pengelolaan potensi aliran sungai Brantas menjadi energi listrik.

Wakil Presiden M Jusuf Kalla yang datang menjadi saksi peletakan batu pertama pembangunan PLTMH UMM, pada Juni 2007, mengatakan, inilah langkah nyata walaupun kecil untuk menggali energi alternatif untuk menggantikan energi kita yang semakin berkurang. "Saya sangat respek dengan langkah yang diambil Universitas Muhammadiyah Malang ini," kata Wapres waktu itu

(arif)

 Malang -

 
Add NewSearcRSS
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook