Alpen Steel | Renewable Energy

~ Simalungun Akan Bangun PLTMH Kap.10 MW

Simalungun Akan Bangun PLT Mikro Hidro 10 MW

Simalungun berencana membangun pembangkit listrik tenaga mikro hidro atau PLTMH berkapasitas 10 megawatt dengan menggunakan aliran Sungai Silau di Kecamatan Hatonduhan. Pembangunan pembangkit ini dikerjakan oleh perusahaan swasta dan diperkirakan mulai bisa beroperasi tahun 2010.

Kepala Dinas Pertambangan Kabupaten Simalungun Edward Purba, Kamis (19/6) di Simalungun, mengungkapkan, perusahaan swasta yang membangun pembangkit listrik tenaga mikro hidro ini adalah PT Bersaudara dari Jakarta.

Edward menuturkan, PT Bersaudara telah menandatangani perjanjian jual beli listrik atau power purchase agreement (PPA) dengan PLN bulan April lalu.

”Harga jual listrik yang disepakati sekitar Rp 376 per Kwh (kilowatt per hour). Kalau sesuai rencana, bulan Juni ini, PT Berdikari sudah mulai melakukan pembangunan konstruksi fisik untuk PLTMH,” ujar Edward.

Menurut dia, pembangunan konstruksi fisik pembangkit membutuhkan waktu hingga satu tahun.

Pada tahun kedua, pengembang sudah mulai membangun pembangkit dan melakukan pemasangan mesin turbin.

”Kami sih berharap bisa secepatnya pembangunan PLTMH ini selesai. Paling tidak, meski hanya 10 megawatt, PLTMH ini bisa sedikit mengatasi persoalan krisis listrik di wilayah kami,” kata Edward.

Arus Sungai Silau, kata Edward, memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan sebagai PLTMH. Saat ini ada tiga titik di sepanjang aliran Sungai Silau yang dimanfaatkan PT Bersaudara untuk dijadikan PLTMH.

”Kami sudah menghitung sedikitnya ada tujuh titik. PLTMH yang dibangun PT Bersaudara ini di Sungai Silau, yakni Sungai Silau 1 hingga 3,” katanya. (BIL)

Simalungun, Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook